Nurhasana Karunia

Artikel Difusi Inovasi Pendidikan

Posted on: April 15, 2013

ARTIKEL HASIL FORUM DISKUSI GROUP FACEBOOK MATA KULIAH DIFUSI ILMU PENDIDIKAN

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Berkaitan dengan mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan yang membahas tentang inovasi dalam pendidikan memberikan metode khusus dalam proses pembelajarannya dengan menggunakan media online Facebook untuk berdiskusi tentang materi yang sedang dibahas, karena sejalan perkembangan teknologi saat ini, sedikit sekali kemungkinan mahasiswa yang tidak mempunyai akun Facebook. Sehingga Group Facebook menjadi suatu inovasi bagi mata kuliah Difusi Inovasi Pendiidkan semester 4 Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.
Sebagai hasil dari forum diskusi ini, mahasiswa ditugaskan untuk menganalisis/meneliti, melakukan survey tentang keaktifan mahasiswa yang berpartisipasi pada diskusi dan membuat tabulasi serta artikel yang tertuang disini yang mengacu pada penelitian tersebut.

B. Pertanyaan Survey
Terdapat beberapa pertanyaan yang diajukan pada survey ini antara lain :
1. Berapa jumlah seluruh mahasiswa Difusi Inovasi Pendidikan?
2. Berapa jumlah mahasiswa yang sudah terlibat diskusi?
3. Berapa jumlah mahasiswa yang belum terlibat diskusi?
4. Dari mahasiswa yang terlibat diskusi berapa yang menjawab YES?
5. Dari mahasiswa yang terlibat diskusi berapa yang menjawab NO?
6. Dari mahasiswa yang terlibat diskusi berapa yang menjawab YES&NO?
7. Berapa jumlah mahasiswa yang memberikan alasan hal baru dan berkelanjutan?
8. Berapa jumlah mahasiswa yang memberikan alasan bukan hal baru dan tidak berkelanjutan?
9. Berapa jumlah mahasiswa yang memberikan alasan hal baru namun tidak berkelanjutan?
C. Tujuan Survey
Survey ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana partisipasi dan antusias mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini dalam media online, sehingga akan menentukan apakah inovasi ini efektif digunakan atau tidak, dan apakah inovasi ini dapat dilanjutkan atau tidak.
D. Manfaat Survey
Dengan melakukan survey ini, kita dapat memanfaatkan waktu utnuk proses pembelajaran walau tidak bertatap muka langsung, mahasiswa dapat memperoleh informasi pengetahuan yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya sehingga mahasiswa mengikuti pembelajaran dengan bekal pengetahuan yang sudah ada.
E. Responden Survey
Pada survey ini, respondennya adalah mahasiswa semeter 4 Reguler Jurusan Teknologi Pendidkan Universitas Negeri Jakarta yang mengikuti mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan dalam diskusi group facebook yang tercatat pda hari Senin, 25 Maret 2013 pukul 20.00 WIB.
F. Teknik Survey
Teknik yang digunakan dalam survey ini adalah dengan menghitung jumlah mahasiswa yang merespon diskusi, menghitung mahasiswa yang menjawab YES, NO, YES & NO, dan menghitung alasan yang diberikan dari jawaban mahasisa YES, NO, YES & NO

BAB II
HASIL SURVEY

Keaktifan Mahasiswa dari Hasil Forum Diskusi Group Facebook Mata Kuliah Difusi Inovasi Pendidikan sampai ari Senin, 25 Maret 2013 pukul 20.00 WIB.
1. Respon Mahasiswa terhadap Pertanyaan Dosen
Tabel ini berisikan jumlah mahasiswa yang menjawab dan tidak menjawab pertanyaan dosen serta jumlah dari keseluruhan mahasiswa yang mengikuti mata kuliah DIP.

Untitled
2. Respon Mahasiswa yang menjawab YES, NO, YES & NO
Tabel ini berisikan jumlah mahasiswa yang menjawab YES, NO, dan YES & NO terhadap pertanyaan dosen.

Untitled1

3. Alasan dari Respon Mahasiswa
Tabel ini berisikan alasan-alasan siswa yang bermacam-macam dalam menjawab pertanyaan dosen.

Untitled2

  BAB III
PEMBAHASAN

Definisi inovasi menurut Rogers dan Reigeluth. Menurut Rogers, inovasi ialah ide, gagasan, praktek yang dianggap baru oleh kelompok individu yang menerimanya. Sedangkan menurut Reigeluth, inovasi adalah perubahan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk mencapai suatu tujuan.
Berdasarkan pendapat para ahli tentang inovasi jawaban mahasiswa bermacam-macam dan alasannya pun berbeda-beda tapi tidak menutup kemungkinan juga jawaban dan alasan mereka ada yang sama.
Dilihat dari hasil survey, dari 40 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah DIP sekitar 75% yang merespon pertanyaan dosen yaitu sejumlah 30 orang, berarti ada 10 orang yang tidak merespon pertanyaan dosen. Dari 30 yang merespon pertanyaan dosen yang menjawab YES sekitar 20% yaitu 6 orang, yang menjawab NO sekitar 20% juga, dan yang menjawab YES & NO sekitar 60% yaitu 18 orang. Ada berbagai alasan dari tanggapan masing-masing mahasiswa. Yang menjawab YES dengan alasan “hal yang baru untuk dirinya” sejumlah 6 orang. Yang menjawab NO dengan alasan “sudah ada sebelumnya” sejumlah 6 orang. Dan yang menjawab YES & NO dengan alasan “Berdasarkan teori Rogers (hal yang baru) dan teori Reigeluth (tidak berkelanjutan)” sejumlah 18 orang.

BAB IV
KESIMPULAN

Dari hasil survey dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa masih ada mahasiswa yang belum berpartisipasi daam forum diskusi di group facebook pada mata kuliah DIP. Menurut saya inovasi ini sudah efektif karena hampir sebagian besar mahasiswa sudah berpartisipasi dan merespon pertanyaan dosen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

21 | Bachelor of Educations, Educational Tecnology major | Training Developer | Designer Instructional

Ya Rabb, jagalah aku, bimbinglah aku, peliharalah aku dalam persinggahan ini, menuju jalan pulang ke tempat Sejati-Mu😇
Follow Nurhasana Karunia on WordPress.com

Blog Stats

  • 1,986 hits

@karuniahasana

Tanggal Hari Ini

April 2013
K J S M S S R
« Mar   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

RSS nairvanda

RSS rezandani

RSS achmadkurniawan

RSS susansanti

RSS karlinaselviana

RSS Sendy

RSS Tri

RSS Rizky Fajrina

RSS Aditya Kusuma

%d blogger menyukai ini: